Kamis, 27 Maret 2014

Salam Hangat, Aku kembali...

Finally, bisa juga aku menulis kembali di blog ini, setelah satu tahun terakhir disibukan dengan kegiatan menyelesaikan skripsi. hahaha! FYI sekarang aku sudah menjadi Sarjana Psikologi, Alhamdulillah. Sidangnya tanggal 14 Februari 2014 kemarin, sedangkan wisudanya Juni 2014 besok. Untuk saat ini, kegiatanku masih seputar apply sana sini resume, cv, di jobstreet. kemarin sudah ada satu panggilan interview, tapi tidak aku ambil, karena orang tua tidak mengizinkan. alasannya klasik, karena itu perusahaan yang punya orang china, orang singapore sebenarnya tetapi ada keturunan china. maklum orang tuaku sangat konservastif untuk urusan suku atau apalah itu. Aku sih mewajarkan saja, karena mereka orang-orang yang besar pada masa Indonesia masih belum stabil, masih pada zaman dimana salah satu suku mendominasi dan yang lainnya terbuang, klo Freud (tokoh psikoanalisa terkenal dari Austria) bilang orang-orang seperti ini bisa jadi mempunyai pengalaman masa lalu yang tidak enak dengan suku-suku tertentu, kemudian berkembang menjadi stigma negatif yang akhirnya menjadi paradigma bahkan yang lebih ekstremnya lagi menjadi pandangan hidup untuk memutuskan sesuatu. Ayahku bilang "lebih baik menjadi budak negeri daripada menjadi budak China" budak negeri it means pegawai negeri dan budak china it means menjadi karyawan swasta yang pemiliknya orang China. sangat kolot memang, membatasi pergaulan dan pergerakan freshgraduate sepertiku, tapi mau bagaimana aku tetap menghormati pendapat mereka sebagai orang tuaku. karena biar bagaimanapun, aku bisa sampai menjadi sarjana seperti sekarang adalah karena jasa mereka. Sederhana, aku hanya ingin menjadi anak yang patuh dan berbakti terhadap orang tua. Terlepas dari pemikiran-pemikiran mereka yang memang kolot dan membatasi itu. Aku lebih memandangnya sebagai bentuk kasih sayang orang tua kepada anak, yang selalu menginginkan yang terbaik untuk anaknya. "Terima kasih mamaa dan ayah, sudah menjadi orang tua  terbaik untuk neng" begitu kira-kira ucapan terima kasihku kepada mereka dalam kata pengantar di skripsiku.

Hmm, sudahlah, tak baik banyak membicarakan orang tua, aku ingin membagikan fotoku pasca sidang kemarin. Sidang itu berlangsung selama kurang lebih 1 setengah jam, banyak pertanyaan bertubi-tubi yang diajukan oleh pengujiku, dan Alhamdulillah aku bisa menjawab semuanya dengan baik. begitu juga dengan revisinya, sudah dapat ku selesaikan dengan baik, dan aku juga sudah terdaftar sebagai calon wisudawati di wisuda sarjan 93 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. baiklah, berikut foto-fotoku pasca sidang.

Ini tepat selesai aku sidang, teman baikku yang cantik Winda Luftikasaari, teman dari semasa aku SMA, dengan sangat perhatian membuatkan aku mahkota ala ratu dan selendang yang bertuliskan Reisha, S.Psi. terima kasih banyak winda :* oiya tak lupa ada pendukung teman-temanku yang lain, yang sudah mau repot-repot datang menyaksikan sidang skripsiku, berikut fotonya.
 
Perempuan cantik yang menggunakan baju hitam dengan corak merah muda disamping kiriku itu namanya Chaista Rahmanillah, teman sekelasku dari semester satu, cantik dan perempuan sunda banget. Dia yang selalu memotivasiku dan memberikan arahan kepadaku ketika aku mau bimbingan, karena dosen pembimbing kita sama, dia sudah selesai skripsinya dan sudah sidang dari november 2013 yang lalu, sudah wisuda juga maret 2014 kemarin. Selanjutnya ada perempuan sabar dan keibuan yang menggunakan kerudung hijau disebelah kananku, namanya Hawa Nadya Puspita. Dia juga teman seperjuangaku dari semester 1, dia juga yang mengajak dan memberikan aku informasi tentang adanya beasiswa BUMN yang akhirnya aku dan dia dapatkan. kami menjadi mahasiswa-mahasiswi tanggungan negara, yang Alhamdulillah selama S1 semua biaya perkuliahan kami dibiayai oleh BUMN Perum Angkasa Pura 2. Dan yang terakhir, perempuan yang terlihat ceria menggunakan kerudung biru itu yang namanya Winda, dia sangat tahu tentang diriku semenjak aku SMA, masih menjadi teman terbaik yang orangnya sangat kalem dan tidak mudah panik dalam keadaan apapun, orangnya nyantai, tapi pasti. FYI juga, dia sangat mengagumi sosok pria Jawa yang ulet dan pekerja keras lho. hehe. FYI lagi hawa dan winda juga sudah  menyelesaikan studinya dan sudah di wisuda juga maret 2014 yang lalu. Pada saat aku sidang, sebenarnya masih ada temanku satu lagi namanya Jonny pranata, tetapi dia sudah pulang duluan dan tidak sempat berfoto. Seharusnya temanku yang hadir lebih banyak dari ini, tetapi mereka tidak bisa datang, hanya ucapan selamat yang bergantian datang masuk ke hape ku, mereka tidak dapat hadir bukan karena tidak peduli, tetapi memang karena salahku yang memberitahukan mendadak, sejam sebelum sidangku di mulai. Aku hanya tidak mau mengganggu kegiatan teman-temanku pada saat itu. Tak apa, tapi ucapan selamat dan do'a dari mereka cukup berharga untuk menenangkan diriku saat mempresentasikan hasil penelitianku, dan menjawab semua pertanyaan dari penguji.

Terakhir ada laki-laki yang selalu setia menemaniku, laki-laki baik yang sudah 4 tahun terakhir ini selalu mengisi hari-hariku, Zaenal Muttaqien, S.S yang sekarang sedang menyusun thesis dan sebentar lagi meraih gelar strata 2 nya, toward M.Ud, semoga dilancarkan dan dimudahkan ya sayang :)

Malam harinya sebelum paginya sidang, dia dan aku latihan untuk simulasi sidang lho, aaah ide ini datang dari dia, memang dia paham apa yang aku butuhkan, terima kasih banyak sayang, thank you for always being best :*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

isilah komentar dengan pernyataan yang jujur dari lubuk sanubari hati anda yang terdalam tanpa ada intervensi dari pihak manapun <3